Sejarah

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Muhammadiyah Kendari dibentuk oleh Rektor Pertama UMK Bapak Prof. Dr. H. Abdullah pada tanggal 13 Desember 2010 dengan nomenklatur Lembaga Jaminan Mutu (LJM) berdasarkan SK Rektor UMK dengan No. 78/KEP/II.3.AU/D/2010. Pertimbangan pada saat itu karena UMK memasuki fase peningkatan mutu akademik tahap awal. Komposisi pengurus LJM pada saat itu adalah sebagai berikut:
Kepala
Kepala Sekretariat
Anggota
F. Teknik
F. Pertanian
F. Perikanan
F. ISIP
F. Ekonomi
F. Hukum
F. KIP
FAI

 

: Dr. Hilaluddin Hanafi, M.Pd
: Titin Rahmiatin, S.Pd
: Sitti Nurfaidah, S.Pd., M.Ed
: Muh. Syahlan Jayanegara, S.E., M.Si
: Ali Amin Suwarno, S.T., MURP
: Sitti Rosmalah, S.P., M.P
: Lely Okmawaty Anwar, S.Pi
: Abd. Rahman, S.Sos., M.Si
: Muh. Yusuf, S.E., M.Si
: Ahmad Rustan, S.H
: Sitti Nurfaidah, S.Pd., M.Ed
: Nurfaidah, S.Ag., M.Ag
Upaya pengembangan penjaminan mutu universitas tanpa henti digalakkan di UMK, hal ini terlihat dengan pembenahan pada tingkat struktural organisasi. Tepatnya tanggal 30 Desember 2011  LJM bertransformasi dengan pembentukan bersama Lembaga Jaminan Mutu dan lembaga Monitoring dan Evaluasi Internal menjadi Lembaga Jaminan Mutu dan Monev In UMK berdasarkan SK Rektor No. 94/KEP/II/II.3.AU/D/2011. Hal ini dilakukan agar dalam mengemban tugas dan tanggung jawab, LJM Monev In dapat lebih mengefektifkan dan mengefisienkan kinerja dan komposisi pengurus adalah sebagai berikut :
Kepala
Anggota

 

 

: Dr. Hilaluddin Hanafi, M.Pd
: Muh. Syahlan Jayanegara, S.E., M.Si
: Abd. Rahman, S.Sos., M.Si
: Awardin, S.Pd.I
Kinerja LJM Monev In terus mengalami peningkatan dengan turut serta dalam kegiatan Pelaksanaan Program Hibah Kompetisi Berbasis Institusi (PHKI) pada tahun 2011 – 2013 dalam memonitoring kegiatan. Menciptakan budaya mutu di UMK digiatkan dengan dilaksanakannya monitoring dan evaluasi intenal UMK pada tahun 2012 sesuai SK Nomor 45/KEP/II.3.AU/D/2012.
Pergantian kepemimpinan di LJM Monev In dilakukan pada tanggal 12 Februari 2013 dengan SK Rektor No. 17/KEP/II.3.AU/D/2013 mengangkat Bapak Dr. Jahidin, M.Si sebagai kepala lembaga dan Bapak Muh. Ihsan Mattalitti, S.Sos., M.A sebagai Sekretaris lembaga. Era kepemimpinan baru, LJM UMK dituntut untuk membantu dalam peningkatan kualitas layanan mutu dan menjadi tim inti penyusun dokumen akreditasi instituti UMK pada tahun 2013. Perubahan komposisi pengurus berdampak pada kinerja lembaga terutama dalam tuntutan sistem jaminan mutu lingkup UMK. Atas dasar hal ini, LJM Monev In membentuk kembali kepengurusan baru dengan lengkap pada tahun 2014 sebagai berikut :
Kepala
Sekretaris
Anggota

 

 Staf
: Dr. Jahidin, M.Si
: Muh. Ihsan Mattalitti, S.Sos., M.A
: Titin Rahmiatin, S.Pd., M.Pd
: Darwan Sari, S.Pd, M.Si
: Mualif Arsyad, S.KM
Pengelolaan dokumen serta peningkatan mutu di sektor unit kerja mulai dirancang guna meningkatkan kualitas layanan akademik. Pembentukan Standar Mutu Program Studi dan workshop peningkatan mutu guna menunjang visi UMK sebagai kampus dengan standar mutu akademik dalam membangun peradaban lokal dan global yang berakhlakul karimah.
Tahun 2015 kepemimpinan Rektor UMK mengalami perubahan dengan terpilihnya rektor baru Bapak Muhammad Nur, S.P., M.Si dan memiliki visi dalam peningkatan kualitas Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) UMK. Rektor dalam hal ini mengambil kebijakan untuk melakukan penataan komposisi jabatan struktural, tidak terkecuali LJM Monev-In dengan perubahan struktural dan perubahan nama menjadi Lembaga Penjaminan Mutu (LPM).
Kepala
Sekretaris
Anggota

 

 Staf
: Ahmad Muhlis Nuryadi, S.Pi., M.Si
: Murniati, S.Sos., M.S.i
: Patta Hindi Azis, S.Sos., M.A
: Junaidin, S.Pd., M.Pd
: Mualif Arsyad, S.KM
Perubahan komposisi tim di Lembaga Penjaminan Mutu kembali  mengalami perubahan dikarenakan beberapa anggota tim yang memenuhi kewajiban peningkatan sumberdaya manusia dengan melanjutkan studi lanjut, selanjutnya perubahan strukturalnya.
Kepala
Sekretaris
Anggota

 

Staf
: Ahmad Muhlis Nuryadi, S.Pi., M.Si
: Murniati, S.Sos., M.S.i
: Titin Rahmiatin., S.Pd., M.Pd
: Muryanto Lanontji, S.H., M.H
: Mualif Arsyad, S.KM