Diseminasi SPMI

Map Unavailable

Date/Time
Date(s) - 19/05/2016
All Day

Categories No Categories


SPM Dikti meliputi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI); Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME), dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti).
Sistem Penjaminan mutu Internal (SPMI) merupakan kegiatan sistemik penjaminan mutu pendidikan tinggi oleh setiap perguruan tinggi (PT) secara otonom atau mandiri untuk mengendalikan dan meningkatkan penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan. Namun demikian masih ada perguruan tinggi yang belum melaksanakan SPMI dengan baik bahkan ada PT yang belum mengenal SPMI.
Guna mendorong PT mengimplementasikan SPMI dengan baik dan terencana, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen. Belmawa), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mempunyai tanggungjawab mensosialisasikan SPMI dengan kegiatan Diseminasi SPMI. Kegiatan ini bertujuan agar setiap perguruan tinggi menyadari bahwa tanggung jawab atas mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi tersebut tidak lagi sepenuhnya di tangan pemerintah.
Pada tahun anggaran 2016, Ditjen. Belmawa melalui Direktorat Penjaminan Mutu akan melaksanakan Diseminasi SPMI ke seluruh wilayah Indonesia, antara lain Kopertis Wilayah I di Medan, Kopertis Wilayah II di Bengkulu, Kopertis Wilayah IV di Bandung dan Serang, Kopertis Wilayah VIII di Kupang, Kopertis Wilayah IX di Kendari, Kopertis Wilayah X di Pekanbaru, Kopertis Wilayah XI di Pontianak, Kopertis Wilayah XII di Ambon, dan Kopertis Wilayah XIV di Jayapura.
Khusus wilayah Kendari, Ditjen Belmawa memfokuskan kegiataan diseminasi SPMI di Universitas Muhammadiyah Kendari dengan agenda kegiatan selama sehari bertempat di Gedung Islamic Centre (GIC) Universitas Muhammadiyah Kendari. Dalam Diseminasi SPMI yang menjadi fokus utama adalah kebijakan nasional terkait SPMI dan SPME dan Konsep Dasar Kebijakan Akreditasi serta Pangkalan Data Perguruan Tinggi.
Berikut ini paparan materi dari Direktorat Penjaminan Mutu, Direktorat Jenderal Pembelajaran Dan Kemahasiswaan,  KEMRISTEKDIKTI :
  1. Kebijakan Nasional SPM Dikti 2016
  2. Kebijakan Nasional SPMI 2016
  3. Kebijakan Nasional SPME atau Akreditasi 2016
  4. Kebijakan Nasional Evaluasi Pelaksanaan Standar SPMI 2016
  5. Konsep Dasar dan Kebijakan Akreditasi BAN-PT
  6. Pangkalan Data Pendidikan Tinggi 2016